6 Cara Mudah Untuk Kembangkan Bisnis Hanya Dengan Modal Sosial Media

Bukan hanya sebagai sebuah akun , media sosial kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Dari yang muda hingga tua,semuanya sudah memiliki akun media sosial dan sudah terbiasa menggunakannya. Namun,kebanyakan orang menggunakan media sosial hanya untuk bersosialisasi atau mendapatkan teman baru serta berkabar dengan teman-temannya saja. Padahal, ada banyak manfaat jika Anda bisa menggunakan media sosial dengan maksimal.

Salah satunya yaitu mampu mengembangkan usaha untuk pemilik bisnis online.Mengingat masyarakat Indonesia termasuk masyarakat yang sangat aktif di jejaring sosial media, Anda wajib memanfaatkan media sosial sebagai jalur marketing. Ada bebertapa tips yang bisa Anda pakai untuk mengembangkan bisnis Anda dengan media sosial.
Berikut ini tips-tips nya di simak ya ;

1.Anda Bisa Pilih Instagram Sebagai Jalur Marketing Usaha

Salah satu media sosial yang bisa Anda manfaatkan sebagai jalur marketing adalah sosmed instagram. Media sosial instagram sangat lekat kaitannya dengan visual dan otak manusia mampu  memproses gambar 60 ribu kali lebih cepat daripada kata-kata. Selain itu, sekitar 75% orang mencari sesuatu yang mereka sukai juga melalui instagram.Oleh karena itu instagram menjadi jalur yang sangat tepat untuk mempromosikan bisnis Anda.

2. Buat Info Kepada Customer Mengenai Bisnis Anda Berbeda Dengan Bisnis Lainnya

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membuat identitas bisnis Anda. Tuliskan keterangan singkat seputar bisnis Anda. Ungkapkan juga apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain  yang mirip dengan Anda. Jangan lupa masukkan cantumkan nomor kontak atau lokasi toko jika ada, agar pelanggan dapat terhubung dengan Anda lebih mudah.

3. Membangun Komunikasi Yang Baik Dengan Customer

Manfaatkan direct message instagram dengan maksimal.Selain untuk berkomunikasi dengan pelanggan, DM ini juga bisa Anda manfaatkan untuk bertransaksi.Agar komunikasi dengan pelanggan terjalin dengan baiK, jadilah pribadi yang responsif dan tulus. Atau Anda bisa gunakan fitur auto reply untuk membuat transaksi bisnis semakin cepat.

4.Buat Konten Yang Menarik Tentang Produk Anda Agar Pelanggan Tertarik

Dalam membuat konten,pililah konten yang seru dan menarik.Sehingga pelanggan akan tertarik untuk memberikan komentar atau hanya sekedar membeikan like pada konten Anda. Ingatlah bahwa bukan hanya konten kompetitor saja yang menjadi saingan Anda, konten yang Anda buat juga akan berkompetisi dengan konten following para pelanggan Anda.

Rata-rata seseorang hanya  mampu mengingat 15-20 gambar , sementara dia akan meilhat ratusan bahkan ribuan yang ada di instagram. Sehingga pastikan konten Anda masuk ke dalam kategori 15 gambar tersebut.

5.Kembangkan Sayap Bisnis Anda Dengan Instagram Stories

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur instagram stories, Konten-konten yang biasa menarik pelanggan adalah informasi seputar produk,peluncuran produk atau toko baru, tutorial ataupun pengerjaan dibalik layar. Kurang lebih 55 % orang akan menonton instagram Stories berupa video. Selain itu, 2 dari 4 konten biasannya akan mendapatkan komentar secara lansung
melalui DM ( Direct Message).

6.Iklankan Produk Best Of The Best Anda Untuk Menarik Perhatian Pelanggan Baru

Setelah membuat konten untuk akun instagram usaha Anda, Anda bisa mengiklankan konten tersebut. Sebelum mengiklankan, Anda harus tahu dulu siapa target, apa tujuan Anda mengiklankan konten ini dan berapa budget yang Anda miliki.

Setelah itu Anda bisa membuat materi iklan. Utamakan membuat materi untuk mobile device  Anda, biasanya ukuran yang lebih menarik adalah konten dengan
ratio 1:1 & rasio 9:16. Anda bisa membuat konten berupa slideshow,video,ataupun insta stoty.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu pelajari untuk mengembangkan bisnis Anda dengan instagram. Hal yang paling utama adalah sering lakukan eksperimen untuk mengetahui pola yang disukai pelanggan atapun calon pelanggan Anda. Semoga bermanfaat & sukses untuk usaha Anda

Comments

Popular posts from this blog

MULAI DARI HOBI KINI MENJADI 5 BISNIS ALA ARTIS CANTIK DIAN SASTRO

Tak Sebanyak Pelangganya Dulu , Kini 6 Bisnis Ini Sudah Tak Menjanjikan

Hidup Jangan Hanya Mengandalkan Gaji, lakukan 5 Peluang Usaha Ini Yang Bisa Dijalankan.